Tautan-tautan Akses

Piala Dunia: Inggris, Belgia Incar Juara Grup


Harry Kane merayakan gol kelima tim Inggris dari titik penalty dalam laga penyisihan Grup G melawan Panama di Nizhny Novgorod, 24 Juni 2018.
Harry Kane merayakan gol kelima tim Inggris dari titik penalty dalam laga penyisihan Grup G melawan Panama di Nizhny Novgorod, 24 Juni 2018.

Inggris dan Belgia bersiap untuk laga memperebutkan posisi juara grup hari ini, Kamis (28/6/2018), di saat tim-tim lainnya masih mencoba memahami kekalahan Jerman di babak awal turnamen Piala Dunia yang mengejutkan, kantor berita AFP melaporkan.

Diperkuat oleh pemain-pemain berbakat Liga Utama Inggris, keduanya melangkah mulus melewati laga penyisihan Grup Ga. Keduanya sudah memenangkan dua pertandingan dan sekarang berada di posisi tak nyaman.

Laga Inggris dan Belgia di Kaliningrad menyusul kekalahan dramatis Jerman, juara bertahan 2014, dari Korea Selatan dengan skor 2-0. Dengan kekalahan itu, tim asuhan Joachim Loew terpuruh di posisi terbawah di grup dan penutup memalukan dari penampilan mereka yang sejak awal tidak mengigit.

Beberapa pihak berpendapat jalan Inggris di turnamen itu akan lebih mudah bila mereka kalah di Kaliningrad.

Namun pelatih Inggris, Gareth Southgate, mengatakan timnya focus untuk menang dan tidak merencanakan strategi khusus untuk masuk putaran berikutnya yang mulai memberlakukan sistem gugur.

“Kami harus memenangkan setiap pertandingan sepak bola dan kami ingin menumbuhkan mentalitas bahwa semua pemain di skuad kami ingin terus menang,” kata manajer yang mampun menciptakan suasana santai di kalangan para anak-anak asuhannya yang masih muda.

Inggris tampil mengesankan dalam dua laga pembuka di Piala Dunia. Tim Union Jack mengalahkan Tunisia 2-1 di Volgograd dan mengandaskan Panama dengan 6-1 di Nizhny Novgorod.

Namun lawan mereka bukan tim sembarangan. Belgia berada di peringkat ketiga dunia dan skuad itu diperkuat oleh pemain-pemain kelas dunia, seperti Eden Hazard dan Kevin De Bruyne.

Kapten kesebelasan Inggris, Harry Kane, sejauh ini menjadi pencetak gol terbanyak dengan 5 gol. Dan jimat keberuntungan Tottenham itu sepertinya akan mulai melawan Belgia.

Namun Southgate mengakui dia mungkin akan melakukan beberapa perubahan untuk laga tersebut. Keduanya sebenarnya sudah tidak perlu menang lagi.

Untuk pertandingan lainnya Kamis, Jepang, Senegal dan Kolombia masih mengejar dua posisi atas di Grup H, sedangkan Polandia sudah pasti tidak lolos ke putaran berikutnya.

Jepang dengan empat poin sama dengan Senegal, akan berhadapan dengan Polandia di Volgograd, sedangkan Senegal akan menghadapi Kolombia, yang sudah mengantongi tiga poin, di Samara.

Tidak ada jadwal laga pada Jumat (29/6/2018). Pertandingan 16 besar akan dimulai Sabtu (30/6/2018), dengan laga Perancis melawan Argentina di Kazan dan Uruguay akan menghadapi tim Portugual di Sochi. [ft]

XS
SM
MD
LG