Tautan-tautan Akses

Dubes AS di PBB: Korea Utara Topik Utama Sidang Umum PBB Mendatang


Duta Besar Amerika untuk PBB, Nikki Haley (foto: dok).

Duta Besar Amerika untuk PBB Nikki Haley hari Jumat (15/9) mengatakan Korea Utara akan menjadi topik utama pada waktu Donald Trump untuk kali pertama menghadiri sidang tahunan Majelis Umum PBB sebagai presiden.

Korea Utara meluncurkan misil hari Jumat melewati Jepang, peluncuran kedua sejak bulan Agustus Trump mengancam akan menggunakan kekuatan sangat besar jika tindak-tindak agresi Pyongyang dilanjutkan. Peluncuran terbaru ini menimbulkan kecemasan global terkait pengembangan senjata nuklir dan misil Korea Utara.

Pernyataan Haley itu dikeluarkan dalam briefing media Gedung Putih, di mana Penasehat Keamanan Gedung Putih H.R. McMaster mengatakan, “Korea Utara merupakan salah satu masalah keamanan yang paling urgen dan berbahaya.”

Haley mengatakan sanksi belum lama ini terhadap Korea Utara telah “mencekik perekonomian negara itu,” dan “tidak ada lagi jalur diplomatik yang dapat ditempuh.”

McMaster mengatakan, PBB sudah tidak punya waktu lagi dalam front diplomatik terkait Pyongyang namun ia menambahkan “ada opsi militer.” McMaster, seorang Letnan Jenderal Angkatan Darat, menyerukan agar “semua bangsa menangani masalah ini tanpa perang.” [ds]

XS
SM
MD
LG