Tautan-tautan Akses

AS

Pria Illinois Dinyatakan Bersalah Bunuh Pelajar China


Foto Brendt Christensen yang dirilis Kantor Sheriff Macon County di Decatur, Illinois. Christensen adalah tersangka penculikan dan pembunuhan peneliti tamu asal China di Universitas Illinois, Yingying Zhang.

Juri federal telah menghukum seorang mantan mahasiswa Universitas Illinois karena membunuh periset tamu dari China pada 2017.

Juri hanya membutuhkan waktu kurang dari dua jam untuk menyatakan Brendt Christensen bersalah karena menculik, memperkosa, dan menikam Yingying Zhang. Jaksa penuntut mengatakan Christenson juga memukulinya dengan tongkat baseball dan memenggal kepalanya.

Tubuh Zhang belum ditemukan.

Jaksa penuntut mengatakan Christensen keluar untuk membunuh seseorang dan menyetir kendaraan melewati jalanan di dekat kampus universitas di Champaign untuk mencari korban. Jaksa mengatakan Zhang kebetulan berada di tempat yang salah pada waktu yang salah.

Zhang terlambat datang ke pertemuan untuk menandatangani kontrak sewa di sebuah apartemen ketika Christensen, yang menyamar sebagai perwira, membujuknya masuk ke mobilnya. Ia membawa Zhang ke apartemennya, kemudian Christensen memperkosa dan membunuhnya.

Mantan pacar Christensen yang mengenakan alat perekam tersembunyi, merekam Christensen memberikan rincian mengenai pembunuhan itu. Para penyelidik menemukan darah di apartemen Christensen yang cocok dengan DNA Zhang.

Christensen juga mengaku sebagai pembunuh berantai yang telah membunuh 12 korban lainnya. FBI sedang menyelidiki klaim tersebut.

Pengacara Christensen tidak pernah menyangkal Christensen membunuh Zhang, Namun, mereka berupaya melawan penjelasan jaksa tentang bagaimana dan mengapa Zhang dibunuh.

Mereka membicarakan masalah kesehatan jiwa Christensen dan mengatakan kliennya menderita depresi dan merasa dirinya kehilangan kendali atas hidupnya. Mereka mengatakan Christensen sebelumnya adalah mahasiswa cerdas yang selalu mendapat nilai A, namun gagal pada mata kuliah yang ditempuhnya dalam bulan-bulan sebelum pembunuhan itu.

Keluarga Zhang datang ke Illinois dari China untuk menghadiri persidangan. Populasi mahasiswa China yang berjumlah besar di Universitas Illinois juga mengikuti persidangan dengan seksama.

Zhang berasal dari keluarga kelas pekerja China yang berharap menjadi profesor di bidang pertanian.

Christensen bisa menghadapi hukuman mati jika ia divonis akhir tahun ini. Illinois melarang hukuman mati, tetapi Christensen dinyatakan bersalah atas tuduhan federal. [my/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG