Tautan-tautan Akses

Presiden Ukraina Zelensky Bayar Pelobi Amerika


Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam konferensi pers bersama Kepala Kepolisian Nasional Ukraina, di Kyiv, 23 Juli 2019.

Sebuah perusahaan pelobi di Washington mengungkapkan bahwa Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah membayar perusahaan itu sekitar AS$ 70.000 untuk membantu kampanyenya di Amerika permulaan tahun ini.

Hal itu membantah keterangan Zelensky bahwa ia tidak pernah menggunakan jasa pelobi asing.

Menurut dokumen yang diserahkan kepada Departemen Kehakiman sebagai keharusan yang ditentukan bagi agen-agen orang asing, Signal Group Consulting mendapat bayaran AS$60.000 untuk melayani Zelensky dan kampanyenya antara 3 April sampai 21 Mei tahun ini.

Jumlah itu masih ditambah AS$9.371 untuk biaya-biaya lain, termasuk biaya makan malam senilai AS$1.900.

Untuk pembayaran itu, Signal Group Consulting mengatur kunjungan ke Gedung Putih, dan pertemuan staf Zelensky dengan anggota Dewan Keamanan Nasional Amerika, para pejabat Departemen Luar Negeri AS, anggota Kongres dan kunjungan ke berbagai lembaga riset di Washington.

Sebagian dari laporan perusahaan konsultan itu kepada Departemen Kehakiman Amerika menyebut bahwa Signal Group Consulting disewa atas nama Marcus Cohen “untuk menaikkan citra Volodymyr Zelensky, Pelayan Rakyat.” Cohen punya alamat di sebuah kamar di tingkat dua sebuah mall di Kyiv.

Dalam unggahan di Facebook pada 17 April yang ditulis Zelensky, ia mengatakan, “tim kami tidak menyewa pelobi manapun di Amerika. Kami tidak punya kontrak apapun dengan perusahaan yang bernama Signal Group.” Kontrak antara Cohen dengan Signal Group baru berakhir pada 21 Mei, satu hari setelah Zelensky dilantik menjadi presiden. [ii/ft]

XS
SM
MD
LG