Tautan-tautan Akses

Putin Siap Lakukan Pembicaraan dengan Presiden Ukraina


Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin, Moskow, Rusia, 11 Juli 2019. (Kirill Kudryavtsev/Pool Photo via AP)
Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin, Moskow, Rusia, 11 Juli 2019. (Kirill Kudryavtsev/Pool Photo via AP)

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan ia siap bertemu dengan presiden baru Ukraina untuk merundingkan diakhirinya konflik maut antara kedua negara bertetangga itu.

Pernyataan Putin pada hari Kamis itu muncul sebagai tanggapan atas tawaran Volodymyr Zelenskiy baru-baru ini untuk mengadakan pembicaraan dengan Putin, sementara Inggris, Perancis, Jerman dan Amerika Serikat berperan sebagai mediator.

Meskipun begitu Putin mengatakan, pembicaraan yang diusulkan itu kemungkinan besar tidak akan berlangsung sebelum Ukraina memilih parlemen baru bulan depan.

Setelah terpilih pada Mei lalu, Zelenskiy bertekad akan mengakhiri konflik di Ukraina Timur, yang menewaskan lebih dari 13 ribu orang sejak 2014.

Hubungan antarakedua negara memburuk tajam sejak Rusia menganeksasi Semenanjung Krimea pada tahun 2014 dan memberikan dukungan bagi kelompok separatis bersenjata di kawasan Donbass, di Ukraina Timur.

Proposal Presiden Zelenskiy akan memajukan pembicaraan perdamaian yang diselenggarakan di Belarusia pada tahun 2014 dan 2015 antara para pejabat Ukraina dan pemimpin separatis. Suatu perjanjian gencatan senjata ditandatangani pada tahun 2015, tetapi hanya berhasil mengakhiri pertempuran secara terbatas.

Sebelum terpilih, Zelenskiy adalah seorang aktor tanpa pengalaman politik sebelumnya. [uh/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG