Tautan-tautan Akses

Rakyat Ukraina Berikan Suara dalam Pemilu Dini


Mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko (kanan) dan para pemilih melakukan swafoto saat antri untuk memberikan suara di sebuah TPS di Kyiv, Ukraina (21/7).

Presiden Baru Rakyat Ukraina menuju tempat-tempat pemungutan suara pada hari Minggu (21/7) untuk memberikan suara mereka dalam pemilihan dini parlemen yang bisa mengkonsolidasikan kekuatan presiden yang baru terpilih.

Gelombang dukungan rakyat pada bulan April lalu membawa Volodymyr Zelenskiy, seorang komedian yang berperan sebagai presiden dalam komedi televisi populer, menempati posisi puncak di Ukraina.

"Dengan mengadakan pemilihan dini, presiden baru berharap untuk mempertahankan momentum kemenangannya sebagai presiden," kata Agnese Ortolani dari lembaga Economist Intelligence Unit.

"Ia didukung dalam upaya ini oleh sebagian besar warga Ukraina yang memandang parlemen sudah dikenal korup dan telah memberi Zelenskiy mandat untuk 'membersihkan' para politisi tersebut."

Partai Pelayan Rakyat, partainya Zelenskiy, yang diberi nama sesuai dengan nama acara di televisi diperkirakan akan sukses, tetapi mungkin gagal meraih mayoritas, memaksanya membentuk koalisi. Analis politik mengatakan komposisi parlemen baru bisa tampak sangat berbeda dengan 70 persen anggotanya adalah anggota baru.(my/al)

Recommended

XS
SM
MD
LG