Tautan-tautan Akses

Presiden Tunisia Tunjuk PM Baru


Hichem Mechichi, yang sampai sekarang menjabat sebagai menteri dalam negeri Tunisia, telah ditunjuk untuk membentuk pemerintahan berikutnya, kata kantor presiden, 25 Juli 2020. (Foto: AFP)

Presiden Tunisia Kais Saied pada Sabtu (25/7) mengangkat menteri dalam negerinya sebagai perdana menteri yang baru untuk menggantikan Elyes Fakhfakh. Fakhfakh mengundurkan diri terkait tuduhan adanya konflik kepentingan, kata kantor presiden.

Perdana menteri baru Hichem Mechichi berjanji akan merespon tuntutan sosial dan ekonomi yang telah memicu protes terus menerus di negara Afrika Utara itu.

"Saya akan bekerja untuk membentuk pemerintahan yang memenuhi aspirasi seluruh rakyat Tunisia dan menanggapi tuntutan mereka yang sah," kata Mechichi.

Mechichi, 46, seorang independen, kini punya waktu sebulan untuk membentuk pemerintahan yang bisa memenangkan mosi kepercayaan di parlemen dengan suara mayoritas, atau presiden akan membubarkan parlemen dan mengadakan pemilu lain.

Pengunduran diri Fakhfakh bulan ini mengguncang parlemen, dimana partai-partai berusaha menerapkan mosi tidak percaya terhadap Ketua DPR Rached Ghannouchi, pemimpin partai Islamis moderat, Ennahda. Sebuah sesi dijadwalkan dilakukan Kamis (30/7). [vm/ah]

XS
SM
MD
LG