Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump Rayakan 100 Hari Pemerintahannya di Pennsylvania


Presiden Donald Trump turun dari kendaraan "Marine One" setibanya di Gedung Putih, Washington, 28 April 2017.

Presiden Amerika Donald Trump akan menggunakan sebagian hari ke-100 jabatannya sebagai Presiden Amerika ke-45, Sabtu (29/4) di negara-bagian pendukungnya, Pennsylvania, sementara pemrotes anti-Trump dengan giat berusaha mengurangi makna prestasinya pada masa simbolis itu.

Presiden akan menandatangani instruksi presiden di pabrik sekop di Pennsylvannia tengah, mengarahkan pemerintahannya untuk meninjau kembali persetujuan perdagangan. Instruksi itu bertujuan untuk menentukan apakah Amerika diperlakukan dengan adil oleh mitra-mitra dagangnya dalam Organisasi Perdagangan Dunia yang beranggotakan 164 negara itu.

Trump kemudian akan menjamu rapat umum para pendukung di ibukota negara bagian itu, Harrisburg, acara yang bertepatan dengan rapat umum anti-Trump yang diatur oleh partai Demokrat dan organisasi lain.

Kampanye pemilihan kembali Trump mengatakan presiden akan menunjukkan pencapaiannya sejak memangku jabatan,pada rapat umum itu, yang akan diadakan di sebuah stadion yang dapat menampung sampai 10 ribu orang.

Dalam pidato radio mingguannya, Trump mengatakan 100 hari pertama masa pemerintahannya telah termasuk “yang paling berhasil dalam sejarah negara kita.”

Trump mengatakan pemerintahannya akan mendatangkan kembali pekerjaan pabrik mobil ke negara-negara bagian penghasil baja Ohio, Michigan dan Pennsylvania dan telah menciptakan “puluhan ribu pekerjaan” dengan menyetujui dua proyek pipa saluran minyak.

Presiden juga mengatakan keputusannya menarik Amerika dari Kemitraan Trans-Pasifik (TPP) melindungi pekerjaan di Amerika dan penghapusan sebagian peraturan federal oleh pemerintahannya bertujuan untuk mengobarkan penciptaan lapangan pekerjaan.

Di Pennsylvania, Ketua Partai Demokrat negara bagian itu Marcel Groen mendorong para penentang Trump bergabung dengan kontra-protes yang ia katakan akan dihadiri oleh para pemimpin dan aktivis setempat dan nasional, termasuk Wakil Ketua Partai Demokrat Nasional Michael Blake. [gp]

XS
SM
MD
LG