Tautan-tautan Akses

Presiden Trump, Presiden Moon Jae-in Bahas Perdagangan dan Ancaman Korut


Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kiri) menyambut Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Gedung Putih, Washington, 30 Juni 2017.

Presiden Trump dan presiden Korea Selatan Moon Jae-in melakukan pembicaraan di Gedung Putih mengenai perdagangan dan ancaman yang ditimbulkan Korea Utara.

Trump mengeluh perdagangan Amerika dengan Korea Selatan ‘berat sebelah dan perjanjian yang amat buruk’. Kedua presiden juga berbeda pendapat tentang bagaimana menangani isu Korea Utara. Trump menghendaki dilakukan tekanan maksimum sebaliknya Presiden Moon menyukai hubungan dialog dengan Korea Utara.

Selesai pembicaraan, keduanya tampil di depan wartawan. Dalam pernyataannya, Trump mengutuk yang disebutnya ‘rezim Korea Utara yang sembrono dan brutal, yang program nuklirnya membutuhkan tanggapan yang tegas. Ia juga mengatakan akan merundingkan kembali perjanjian dagang dengan Korea Selatan.

Presiden Moon mengatakan, ia melakukan pembicaraan yang sangat jujur dengan Trump mengenai isu nuklir Korea Utara serta isu lain menyangkut kepentingan bersama.

Moon ingin meyakinkan Korea Utara untuk meredakan program nuklirnya untuk memulai pembicaraan dengan Korea Selatan yang akhirnya menghasilkan perlucutan senjata penuh. [ps/al]

XS
SM
MD
LG