Tautan-tautan Akses

Pejabat Korsel Nyatakan Dukungan pada Senjata Anti Misil THAAD


Sistem pertahanan rudal A.S. yang disebut Terminal High Altitude Area Defense (THAAD), dipasang di lapangan golf di Seongju, Korea Selatan, 30 Mei 2017. (Foto: dok).

Para pejabat Korea Selatan menyatakan dukungan pada sistem pertahanan misil yang kontroversial THAAD menjelang pertemuan pekan ini Presiden Moon Jae-in dengan Presiden Amerika Donald Trump, tetapi hal itu masih dipermasalahkan karena para anggota Kongres di Washington mengutarakan keprihatinan atas penangguhan pemasangannya.

THAAD adalah persenjataan anti-misil yang mutakhir yang menggunakan teknologi radar infra-merah, resolusi tinggi dan misil pencegat untuk menembak jatuh misil balistik yang datang.

Tahun 2016, Washington dan Seoul sepakat untuk menempatkan THAAD di Korea Selatan guna membantu negara itu menghadapi kemampuan misil balistik dan nuklir Korea Utara yang meningkat.

THAAD juga akan digunakan untuk melindungi 28 ribu tentara Amerika di Korea Selatan.

Senator partai Republik Cory Gardner dari Kolorado dan Senator partai Demokrat Bob Menendez dari New Jersey baru-baru ini mengirim surat kepada Presiden Trump yang mendesaknya untuk memprioritaskan penempatan THAAD dalam pembicaraannya pekan ini dengan Presiden Moon. [gp]

XS
SM
MD
LG