Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump Menentang Upaya untuk Bubarkan Polisi


Presiden AS Donald Trump ditemani sejumlah pejabat berdiri di depan Gereja Episkopal St. John di seberang Gedung Putih, saat terjadi unjuk rasa menentang ketidakadilan ras yang dipicu kematian George Floyd, Washington D.C, 1 Juni 2020.

Juru bicara Gedung Putih, Kayleigh McEnany, Senin (8/6), mengatakan “tidak menyesalkan” penggunaan kekerasan untuk membubarkan para demonstran yang berkumpul minggu lalu di Lapangan Lafayette, di depan kediaman resmi presiden AS sebelum Trump berjalan ke sebuah gereja di dekatnya untuk berfoto.

“Kami mempertahankan tindakan itu,” kata McEnany ketika ditanya tentang tindakan yang banyak dikecam itu. Saat itu para petugas keamanan menembakkan bola-bola kecil yang berisi merica dan peluru karet untuk membubarkan demonstran.

Juru bicara itu mengatakan, keputusan untuk memperluas lingkaran keamanan di sekitar Gedung Putih itu diambil setelah terjadinya kebakaran kecil di ruang bawah tanah Gereja St. John’s.

Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan ketua kelompok minoritas dalam Senat, Chuck Schumer menyerukan agar taman itu segera dibuka kembali.

Para anggota Partai Demokrat yang utama, dalam surat yang ditujukan kepada Presiden Trump mengatakan, taman itu ”sejak lama telah digunakan rakyat Amerika untuk berkumpul dan menjalankan hak-hak konstitusional mereka di dekat Gedung Putih.

Surat kepada Trump itu berbunyi, “dengan mengubah taman umum yang unik di tengah jantung ibukota menjadi semacam kawasan militer akan mencegah rakyat berkunjung, dan menyampaikan pesan buruk kepada rakyat Amerika dan kepada penduduk di seluruh dunia.”

Presiden Trump, Senin (8/6) sore, mengadakan pertemuan dengan para penegak hukum di mana ia memuji polisi karena telah melakukan pekerjaan yang sangat baik di seluruh negeri. Ia juga menganjurkan supaya polisi “bertindak secara lebih ramah.”

Namun Trump menambahkan bahwa “ kita tidak bisa membubarkan para petugas penegak hukum yang paling baik di seluruh dunia.” [ii/pp]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG