Tautan-tautan Akses

AS

AS Berencana Kurangi Pasukan di Jerman


Presiden AS Donald Trump dan ibu negara Melania Trump berfoto dengan pasukan AS di Pangkalan Angkatan Udara Ramstein, Jerman, 27 Desember 2018. (Foto: Reuters)

Presiden Amerika Donald Trump telah memerintahkan Pentagon untuk mengurangi jumlah pasukan yang ditugaskan di Jerman lebih dari seperempat dalam beberapa bulan ke depan, Wall Street Journal melaporkan hari Jumat (5/6).

Harian itu mengatakan Departemen Pertahanan akan memangkas 9.500 jumlah personil militer dari 34.500 yang secara permanen saat ini ditugaskan di Jerman, sebagaimana dilansir dari AFP. Harian itu juga mengatakan batas 25.000 akan ditetapkan untuk jumlah pasukan Amerika yang bisa berada di Jerman dalam satu waktu, apakah penempatan tetap atau sementara, separuh dari jumlah yang ada sekarang.

Langkah itu akan secara signifikan mengurangi komitmen Amerika untuk mempertahankan Eropa di bawah payung NATO, meskipun itu juga akan berdampak pada operasi Pentagon terkait Afrika dan Timur Tengah.

Pejabat Gedung Putih dan Pentagon menolak mengukuhkan atau menyangkal berita itu, yang muncul di tengah ketegangan antara pemerintah Trump dan sekutu Eropa atas perjanjian kerja sama yang telah berlangsung lama. Amerika berpendapat Jerman tidak cukup menganggarkan untuk pertahanannya sendiri. [ka/pp]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG