Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump Kunjungi Negara Bagian Texas


Sebuah rumah di Spring, Texas, terendam banjir akibat hantaman Badai Tropis Harvey, 28 Agustus 2017. (AP Photo/David J. Phillip)

Hujan deras terus mengguyur pada hari Selasa (29/8) di Texas tenggara, di mana Badai Tropis Harvey telah menyebabkan bencana banjir di Houston, salah satu kota terbesar di Amerika Serikat.

Badan Cuaca Nasional memperkirakan badai itu akan mengakibatkan curah hujan antara 25 sampai 50 sentimeter sebelum akhirnya pindah dari kawaan itu hari Kamis. Curah hujan itu merupakan tambahan pada 90 sentimeter hujan yang telah mengguyur di beberapa daerah, termasuk di sekitar kota Houston.

Pusat Harvey berada di lepas pantai Texas di Teluk Meksiko, menarik energi dari perairan hangat di sana dan mengakibatkan hujan deras di daratan. Badai itu diperkirakan akan kembali lagi mencapai daratan di Texas pada hari Rabu.

Air hujan telah membanjiri rumah-rumah dan jalan-jalan, dan memaksa tim penyelamat bekerja terus menerus untuk memindahkan warga ke tempat-tempat yang aman.

Walikota Houston Sylvester Turner Senin malam mengatakan lebih dari 3.000 orang telah diselamatkan dan 8.000 orang berada di tempat-tempat penampungan. Dia mengatakan ada tiga kematian yang dikonfirmasi terkait dengan badai tersebut.

Gubernur Texas Greg Abbott mengatakan kepada para wartawan bahwa dia mengerahkan seluruh anggota Garda nasional Texas yang berjumlah 15.000 tentara untuk ikut mengatasi bencana itu.

Presiden Donald Trump dan istrinya, Melania, hari Selasa ini (29/8) akan mengunjungi kota Corpus Christi dan kota Austin untuk meninjau pusat-pusat operasi darurat di sana.

Trump mengatakan pada hari Senin (28/8) bahwa warga di daerah yang dilanda banjir di Texas dan di negara bagian tetangga, Louisiana, dapat mengharapkan “tindakan yang sangat cepat” dari Kongres untuk mendapatkan dana bantuan bencana yang diperlukan untuk operasi pembersihan dan pembangunan kembali.

Trump telah mendeklarasikan 18 county (daerah setingkat kabupaten) di Texas dan Louisiana sebagai daerah bencana sehingga memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan federal. Gubernur Texas Gregg Abbott juga telah membuat deklarasi serupa untuk 54 county untuk mempercepat bantuan pemerintah negara bagian. [lt]

XS
SM
MD
LG