Tautan-tautan Akses

Presiden Trump Kemungkinan Umumkan Perdamaian dan Akhir Perang Korea


ARSIP – Presiden AS, Donald Trump, kanan, bertemu dengan pemimpin Korut, Kim Jong Un di Sentosa Island, di Singapura, 12 Juni 2018 (foto: AP Photo/Evan Vucci, Arsip)

Sementara spekulasi fokus pada kemungkinan Presiden Trump memaklumkan perdamaian dan akhir perang Korea pada KTT ke-2 dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, pakar melihat langkah demikian suatu kemungkinan sebagai imbalan bagi denuklirisasi Korea Utara.

“Kami menghendaki denuklirisasi, dan saya pikir ia akan mempunyai negara dengan kecepatan tinggi dalam bidang pertumbuhan ekonomi,” kata Trump hari Senin sebelum bertolak menuju Hanoi untuk KTT tanggal 27 dan 28 Februari.

Trump mengeluarkan ucapan itu sementara Gedung Putih merilis pernyataan hari Kamis menyebut tentang ‘mendorong perdamaian’ dengan mengatakan Trump berkomitmen untuk mencapai ‘perdamaian transformasional’ bagi semenanjung Korea dengan kemungkinan menyediakan perangsang ekonomi seperti cara memobilisasi investasi dan meningkatkan infrastruktur.

Dalam pidato di Universitas Stanford akhir bulan Januari, utusan khusus Amerika untuk Korea Utara, Steven Biegun mengatakan Trump komit untuk mengakhiri selama-lamanya perang dan permusuhan selama 70 tahun di semenanjung Korea. Ia menambahkan bahwa Trump siap mengakhiri perang itu. Berakhir, selesai.

Deklasari perdamaian, pengumuman berakhirnya perang Korea yang hingga kini masih dalam status gencatan senjata tahun 1953 bukan perjanjian damai, muncul sebagai kemungkinan langkah yang akan diambil Trump dalam pembicaraan dengan Kim Jong Un. [al]

Recommended

XS
SM
MD
LG