Tautan-tautan Akses

AS

Trump Menuju Vietnam untuk Bertemu Pemimpin Korea Utara


Presiden Amerika Donald Trump melambai sebelum menaiki pesawat Air Force One untuk menuju Vietnam, Senin (25/2).

Presiden Amerika Donald Trump menuju Hanoi, Vietnam, hari Senin (25/2) untuk pertemuan puncak kedua dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, memunculkan harapan ia akan mencapai kesepakatan mengenai rincian janji Kim membuat negaranya bebas nuklir.

Trump mengatakan di Twitter bahwa tanpa denuklirisasi, Korea Utara yang miskin akan tetap mengalami situasi yang "sama." Tetapi Trump memperkirakan, "Kim akan membuat keputusan yang bijak!"

Minggu malam, kepada gubernur-gubernur negara-negara bagian Amerika, Trump mengatakan, ia percaya bahwa ia dan Kim "akan bersepakat, tetapi itu akan bermunculan dalam beberapa hari ke depan. Menurut saya, dua setengah hari di Vietnam akan sangat menarik. Dan kita berpeluang untuk denuklirisasi total di bagian dunia itu yang sangat berbahaya."

Trump dan Kim bertemu Juni lalu di Singapura, dan setelah itu Trump menyatakan, "tidak ada lagi ancaman nuklir dari Korea Utara."

Tetapi ketika ia bertemu hari Rabu dan Kamis ini dengan Kim di Hanoi, ibukota Vietnam, hanya ada sedikit bukti nyata bahwa kemajuan telah dicapai untuk menetapkan persyaratan khusus denuklirisasi yang dijanjikan Korea Utara. (ka)

XS
SM
MD
LG