Tautan-tautan Akses

AS

Trump Optimis tentang KTT dengan Kim Jong-un


Spanduk "Selamat Datang" bergambar Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump, menghiasi restoran Korea Selatan (22/2), menjelang penyelenggaraan KTT USA-DPRK di Hanoi, Vietnam. (Foto: dok).

Presiden Amerika Donald Trump memprediksi akan terjadi hubungan baik dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada pertemuan puncak mereka minggu ini di Vietnam, dan Gedung Putih mengatakan tujuan utama perundingan ini adalah denuklirisasi Korea Utara.

“Kami akan berhadapan langsung, tetapi kita akan melihatnya semakin jelas dalam beberapa hari ke depan,” kata Trump, Minggu.

“Saya kira, dua setengah hari di Vietnam akan sangat menarik,” katanya kepada sekelompok gubernur negara bagian di Gedung Putih. “Dan kita memiliki peluang untuk mewujudkan denuklirisasi total wilayah yang sangat berbahaya di dunia itu.”

Kedua pemimpin bertemu Juni lalu, dan setelah itu Trump menyatakan, “tidak ada lagi ancaman nuklir dari Korea Utara.”

Tetapi ketika ia bertemu Rabu dan Kamis ini dengan Kim di Hanoi, ibukota Vietnam, belum banyak bukti konkret bahwa kemajuan telah dicapai untuk menetapkan persyaratan spesifik denuklirisasi yang dijanjikan oleh Korea Utara. [lt]

XS
SM
MD
LG