Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump Heran, Dapat Berita Positif dari Washington Post


Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dalam sebuah pertemuan dengan para pemimpin Militer Senior di Ruang Kabinet Gedung Putih, Washington, 5 Oktober 2017.

Presiden Amerika Donald Trump mengutarakan keherananan bahwa harian Washington Post, surat kabar yang berkali-kali dituduh Trump memuat berita yang tidak benar mengenai dirinya, memuat berita yang positif mengenai kemampuan Trump yang besar mengumpul dana.

Harian Post melaporkan hari Jumat (6/10) Partai Republik sudah hampir mencapai jumlah terbesar dalam 10 tahun pengumpulan uang dalam jumlah kecil, berkat daya tarik Trump kepada para pendukungnya.

Trump sering mengecam harian Post dan media lain Amerika sebagai penyebar “berita palsu,” tetapi mengakui hari Sabtu (7/10) ia gembira atas laporan mengenai pengumpulan dana itu.

“Saya hampir tidak percaya saya akhirnya mendapat berita yang baik dari surat kabar Washington Post,” tulis Tump pada Twitter. “Laporan itu membahas semangat pendukung Trump melalui sumbangan untuk kampanye. Partai Republik sedang mengumpul dana yang jauh lebih besar daripada partai Demokrat dan sebagian dari dana itu diperoleh dari rakyat kecil pendukung saya. Saya sedang bekerja keras untuk mereka!”

Dengan mengutip keterangan Institut Keuangan Kampanye yang non-partisan, laporan Post itu mengatakan hampir 60 persen dari $68 juta jumlah sumbangan langsung kepada Partai Republik tahun ini sampai akhir Augustus datang dari sumbangan $200 atau lebih kecil dari itu. Ini hampir dua kali lebih besar dari jumlah yang dikumpulkan oleh partai Demokrat dalam periode yang sama, yang memberi partai Republik keunggulan keuangan sementara kedua partai bersiap-siap untuk bersaing memperebutkan mayoritas Kongres dalam pemilu tahun 2018 pada pertengahan masa jabatan presiden. [gp]

XS
SM
MD
LG