Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump Bantah Berita Soal Ancaman Mundur Menlu Tillerson


Presiden Donald Trump di Gedung Putih di Washington, 2 Oktober 2017. (Foto: dok)

Presiden Donald Trump menegaskan bahwa Menteri Luar Negeri Rex Tillerson “tidak pernah mengancam akan mengundurkan diri” dan menyebut berita mengenai ketegangan di antara mereka berdua sebagai “berita palsu.”

Trump menggunakan Twitter, Kamis pagi (5/10) untuk mengkritik berita NBC News bahwa Tillerson hampir mengundurkan diri awal tahun ini, setelah berbulan-bulan dalam ketegangan dan dikabarkan frustrasi dalam menghadapi presiden, dan bertahan hanya karena desakan Wakil Presiden Mike Pence.

NBC News melaporkan juga bahwa Tillerson telah menyebut Trump seorang “moron”, setelah pertemuan dengan para pejabat tinggi lainnya di Pentagon pada bulan Juli.

Hari Rabu (4/10), Tillerson menyangkal dugaan bahwa ia hampir mengundurkan diri.

Ketika ditanya mengenai apakah ia menyebut Trump sebagai seorang “moron” hari Rabu (4/10), Tillerson tidak membantahnya. Tetapi ia mengatakan ia tidak akan mengurusi hal-hal remeh, dan malah memuji Trump dan sasaran-sasaran kebijakan luar negerinya, yang ia sebut sebagai suatu hal yang dilakukan dengan cara yang sama sekali baru dan dapat diraih.

Dalam pengarahan singkat di Departemen Luar Negeri hari Rabu (4/10), juru bicara Heather Nauert secara eksplisit membantah bahwa Tillerson telah menyebut presiden sebagai “moron”, seraya menyatakan ia tidak menggunakan kata-kata semacam itu. [uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG