Tautan-tautan Akses

Presiden Trump Umumkan Strategi Baru di Afghanistan Malam Ini


Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, di Hagerstown, Maryland, 18 Agustus 2017 (Foto: dok).
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, di Hagerstown, Maryland, 18 Agustus 2017 (Foto: dok).

Presiden Amerika Donald Trump akan memberi garis besar kebijakan baru Amerika di Afghanistan dalam pidatonya nanti malam.

Trump akan menyampaikan pidato tersebut dari pangkalan militer di Fort Myer tidak jauh di luar Washington, kata Gedung Putih dalam pernyataan.

Hari Minggu (20/8), Menteri Pertahanan Amerika James Mattis mengatakan Trump telah mengambil keputusan mengenai strategi baru di Afghanistan, tetapi ia tidak mengungkapkannya lebih lanjut.

Mattis mengatakan strategi itu mencakup wilayah yang lebih luas dari Afghanistan, dan merupakan strategi Amerika untuk kawasan Asia Selatan sepenuhnya,

Dengan memberi isyarat bahwa militer Amerika memperkirakan misinya akan diteruskan, panglima pasukan Amerika di Afghanistan Jenderal John Nicholson, Minggu (20/8) menyambut baik peluncuran korps operasi khusus baru tentara Afghanistan, dan menyatakan bahwa “kami bersamamu dan kami akan tetap bersamamu.”

Wakil direktur program Asia Wilson Center dan peneliti senior Asia Selatan Michael Kugelman mengatakan kepada VOA ia memperkirakan kebijakan Trump tidak akan berbeda jauh atau mencakup gagasan seperti penggunaan tentara swasta bukan pasukan Amerika. [gp]

XS
SM
MD
LG