Tautan-tautan Akses

Menhan AS Bungkam Soal Kebijakan Baru di Afghanistan


Menteri Pertahanan AS Jim Mattis saat menunggu kunjungan Menteri Pertahanan Belanda Jeanine Hennis-Plasschaert di Pentagon, 15 Agustus 2017. (Foto:dok)

Menteri Pertahanan Amerika Jim Mattis mengatakan ia puas dengan proses yang dijalankan oleh pemerintahan Trump untuk merumuskan strategi baru untuk Afghanistan, tetapi ia tidak mau memberi keterangan lebih jauh.

Berbicara di Amman, Mattis mengatakan ia tidak akan membicarakan tentang kebijakan sebelum Gedung Putih memaparkan secara resmi.

Trump mengatakan hari Sabtu (19/8) pemerintahannya telah memutuskan bagaimana menanggulangi perang 16-tahun di Afghanistan.

Sehari setelah pertemuan di tempat peristirahatan presiden di Camp David dengan tim penasehat keamanan nasionalnya, Trump men-twit, “hari yang penting telah digunakan di Camp David dengan para jenderal dan pemimpin militer yang sangat berbakat. Banyak keputusan telah diambil, termasuk mengenai Afghanistan,” tetapi tidak memberi rinciannya.

Juru Bicara Gedung Putih Trump Sarah Huckabee Sanders mengatakan hari Jumat (18/8) strategi baru akan melindungi kepentingan Amerika di kawasan Asia Selatan dan keterangan lebih jauh akan dikeluarkan. [gp]

XS
SM
MD
LG