Tautan-tautan Akses

Presiden Jokowi Ajak Pemuda Bangun Bangsa


Presiden Joko Widodo saat berada di depan Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Minggu, 28 Oktober 2018 (Foto: Petrus Riski/VOA).

Presiden Joko Widodo mengajak para pemuda untuk bersama-sama memajukan bangsa, melalui karya dan prestasi. Para pemuda juga diajak untuk menjaga persatuan, kerukunan dan persaudaraan antar anak bangsa, sebagai modal dasar untuk pembangunan.

Presiden Joko Widodo mengingatkan kembali kepada para pemuda untuk mengingat Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan para pemuda dari berbagai daerah 90 tahun yang lalu.

Usai menghadiri jalan sehat santri di Sidoarjo, Minggu (28/10/2018), Presiden menegaskan semangat cita-cita kemerdekaan Indonesia berdasarkan ikrar Sumpah Pemuda.

Jokowi yakin di tangan pemuda, masa depan Indonesia akan semakin maju dan mampu bersaing dengan negara-negara lain di dunia, terutama dalam hal prestasi dan inovasi yang menunjang kemajuan bangsa.

“Sangat optimis, bahwa negara ini bisa berkompetisi ke depan. Negara ini bisa memenangkan persaingan dengan catatan pembangunan sumber daya manusia itu diberikan prioritas, digarap secara maksimal,” kata Presiden Jokowi.

“Sehingga, yang namanya bonus demografi di 2020, 2030, itu betul-betul memberikan dampak yang signifikan terhadap setiap derap gerak pemuda dalam rangka memajukan negara ini. Membawa Indonesia maju,” ujar Jokowi.

Menanggapi harapan dan optimisme Presiden Joko Widodo, Aktivis Gerakan Gusdurian (Gerdu) Surabaya, Yuska Harimurti menyebut pemuda sebagai jembatan antar generasi yang akan menjadi penentu serta pemimpin bangsa Indonesia ke depan. Para pemuda pada zaman sekarang sudah banyak yang berprestasi, dan berani tampil menempati posisi-posisi penting di berbagai bidang.

Presiden Joko Widodo pada acara Kirab Santri dan "Jalan Sehat Sahabat Santri" dalam rangka Hari Santri Nasional di Depan Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu, 28 Oktober 2018. (Foto: Petrus Riski/VOA)
Presiden Joko Widodo pada acara Kirab Santri dan "Jalan Sehat Sahabat Santri" dalam rangka Hari Santri Nasional di Depan Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu, 28 Oktober 2018. (Foto: Petrus Riski/VOA)

“Pemuda itu perannya sangat vital. Karena, mereka berada pada jembatan antar generasi yang kemudian mereka akan menentukan langkah ke depan. Nah, untuk saat ini, mereka, saya lihat, sudah banyak hal-hal yang bermunculan, saya tidak bisa menafikan memang pemuda ini sudah sangat luar biasa,” ujar Yuska.

“Kita lihat bagaimana di Asian Games itu mereka bisa berprestasi yang luar biasa. Kemudian kita lihat para caleg-caleg ini, para eksekutif ini, juga banyak tokoh-tokoh muda yang bermunculan. Nah, itu artinya bahwa memang banyak keberanian yang sudah diambil secara berani oleh para pemuda Indonesia,” kata Yuska menambahkan.

Kusnan, warga Surabaya, mendorong lembaga pendidikan dan pemerintah untuk lebih banyak melibatkan pemuda dalam setiap kegiatan, dan membekali dengan ide dan gagasan yang berkaitan dengan semangat kebangsaan dan nasionalisme.

“Kita harus tekankan bahwa sekolahan, atau para pemimpin kita, turun betul kepada pemuda-pemuda ini. Rangkul mereka, cekoki kami, cekoki para pemuda dengan ide-ide negara ini, ide-ide tentang Pancasila, ide-ide tentang NKRI, perjuangan para pejuang pendahulu kita, itu yang kurang,” tutur Kusnan.

Cahaya Purnama Putra, pemuda asal Sidoarjo mengatakan, pemuda masa kini berbeda dengan pemuda pada zaman dahulu, yang memikirkan bagaimana Indonesia dapat merdeka dengan tidak melihat perbedaan-perbedaan yang dimiliki sebagai sebuah penghalang.

Kata Cahaya, pemuda masa kini banyak yang cenderung cuek dan masa bodoh dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini, yang terancam perpecahan akibat masuknya ideologi yang memecah belah, serta maraknya berita hoaks yang beredar di masyarakat.

Sumpah Pemuda masa kini, kata Cahaya Purnama Putra, harus berkembang dan mampu dimaknai pemuda dengan ikut berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara. [pr/em]

Presiden Jokowi Ajak Pemuda Bangun Bangsa
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:01 0:00


Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG