Tautan-tautan Akses

Presiden Iran akan Berkunjung ke India Pekan Ini


Presiden Iran Hassan Rouhani melambaikan tangannya kepada publik saat menghadiri peringatan HUT ke-39 Revolusi Islam 1979 di Teheran, Iran, 11 Februari 2018.

Presiden Iran Hassan Rouhani akan berkunjung ke India pekan ini selama tiga hari, kata laporan media Iran, Senin (12/2).

Rouhani akan berangkat ke India, Kamis (15/2) untuk membicarakan “perkembangan kawasan dan global yang terbaru,” kata kantor berita setengah-resmi ISNA. Ia diundang oleh Perdana Menteri India Narendra Modi tahun lalu, kata ISNA.

India dan Iran telah bekerjasama dalam beberapa proyek penting, dan yang paling menonjol adalah pelabuhan Chabahar di Iran tenggara yang diresmikan bulan Desember.

Baca juga: India Buka Rute Perdagangan Afghanistan Baru Lewat Iran, Tak Lewati Pakistan

Pelabuhan itu telah disebut-sebut sebagai sarana bagi India untuk menegakkan rute perdagangan yang menghindari saingannya Pakistan, tetapi proyek tersebut telah mengalami beberapa penundaan.

India, pembeli utama migas Iran, dan memelihara hubungan perdagangan biarpun sementara sanksi internasional dikenakan terhadap Iran karena program nuklirnya antara tahun 2012 dan 2016.

Namun, ketegangan telah terjadi dalam hubungan itu, di mana media India melaporkan kekecewaan atas penangguhan pemberian kontrak untuk membangun ladang gas besar yang dinamakan Farzad B di Teluk Persia.

Ini mendorong India mengumumkan akan mengurangi impor minyak dari Iran sebagai protes bulan Maret tahun 2017, yang mengakibatkan Teheran mengatakan akan membatasi jumlah kredit kepada India. [gp]

XS
SM
MD
LG