Tautan-tautan Akses

India Buka Rute Perdagangan Afghanistan Baru Lewat Iran, Tak Lewati Pakistan


Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani (kiri) berjabat tangan dengan Menlu India Sushma Swaraj usai penandatanganan kesepakatan di New Delhi, India 11 September lalu (foto: dok).

Setelah membuka rute perdagangan baru ke Afghanistan yang tidak melalui Pakistan, India mengirimkan gandum pertamanya ke negara yang dilanda perang tersebut melalui pelabuhan Chabahar Iran.

Rute laut strategis ini merupakan langkah penting dalam mendukung perdagangan dengan Kabul yang telah terhambat karena saingannya Pakistan tidak mengizinkan India mengangkut barang ke Afghanistan melalui wilayahnya.

Setelah pengiriman tersebut terlaksana, Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj dan Menteri Luar Negeri Afghanistan Salahuddin Rabbani melalui sebuah konferensi video bersama pada hari Minggu, menyebutnya sebagai "momen penting".

Dalam beberapa bulan mendatang, enam lagi paket gandum dengan berat total 1,1 juta ton akan dikirim dari pelabuhan Kandla India ke Chabahar. Dari pelabuhan Iran, paket itu akan dikirim dengan jalan darat ke Kabul.

Pengiriman tersebut dilakukan beberapa hari setelah Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson, dalam sebuah kunjungan ke New Delhi, meredakan kekhawatiran bahwa sikap keras Trump terhadap Iran dapat menjadi batu sandungan bagi rencana India untuk menggunakan pelabuhan strategis Iran sebagai pusat transit regionalnya.

Konektivitas yang lebih mudah adalah kunci bagi India untuk meningkatkan keterlibatan ekonominya dengan Afghanistan, sejalan dengan permintaan Amerika Serikat dalam kebijakan barunya untuk menstabilkan negara yang dilanda perang tersebut.

Dan pelabuhan Chabahar, di mana India menginvestasikan $ 500 juta untuk membangun terminal baru, tempat berlabuh kargo dan jalur jalan dan rel kereta, merupakan strategi inti untuk memperbaiki jalur hubungan bukan hanya dengan Afghanistan, namun juga ke negara-negara di Asia Tengah yang kaya sumber daya. Para pemimpin India menyatakan optimisme tentang proyek yang masih terus dikembangkan itu. Menlu Swaraj menyebutnya sebagai titik awal sebuah perjalanan yang akan memacu arus perdagangan yang tidak terhalang di seluruh wilayah tersebut. Perdana Menteri Narendra Modi mengirim pesan Twitter bahwa peluncuran rute perdagangan itu "menandai sebuah babak baru dalam kerja sama dan konektivitas regional."

Rute laut melalui pelabuhan Iran merupakan langkah kedua yang diambil oleh India untuk meningkatkan konektivitas dengan Kabul. Pada bulan Juni, India membuka koridor angkutan udara untuk memberi akses lebih besar bagi barang-barang Afghanistan ke pasar India.

Pelabuhan Chabahar dipandang sebagai jawaban India terhadap pelabuhan Gwadar di Pakistan yang dibangun oleh China. Proyek ini sudah dirancang sejak 15 tahun yang lalu, namun rencana tersebut terhenti selama bertahun-tahun karena sanksi-sanki internasional yang dipimpin oleh A.S. terhadap Iran. Pelonggaran sanksi tahun lalu mendorong India untuk menandatangani sebuah perjanjian trilateral dengan Iran dan Afghanistan untuk mengembangkan pelabuhan tersebut. [as]

XS
SM
MD
LG