Tautan-tautan Akses

AS

Presiden AS Cari Dukungan bagi Paket Ekonomi 


Presiden Joe Biden berbicara kepada para jurnalis di South Lawn Gedung Putih sebelum menaiki helikopter Marine One di Washington, Selasa, 16 Februari 2021.

Kantor berita AFP melaporkan Presiden Amerika Joe Biden berusaha menghindari kemelut dengan Kongres, dengan langsung berbicara kepada rakyat Amerika, Selasa (16/2) malam.

Pertemuan town hall yang disiarkan televisi di Wisconsin itu dilakukan untuk meraih dukungan bagi paket penyelamatan ekonomi yang diusullkan Biden senilai $1,9 triliun.

Sementara para anggota Kongres masih dipenuhi bayangan dari pembebasan Trump dalam sidang pemakzulan di Senat, Biden cenderung ingin menghindari pertikaian partisan dan langsung berbicara dengan rakyat pada acara yang disiarkan CNN di Milwaukee. Ini perjalanan resmi Biden yang pertama ke daerah sebagai presiden.

Siaran televisi itu akan menampilkan Biden “berbicara dengan rakyat di Wisconsin, baik mereka yang setuju dengan kebijakannya, maupun mereka yang tidak setuju,” kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki kepada para wartawan.

Ia menegaskan bahwa presiden benar-benar terfokus pada usaha meloloskan rencananya itu.

Paket stimulus Biden bernilai dua kali lipat dari paket sebelumnya yang diloloskan Kongres pada Desember lalu. Pemerintahan Biden mengatakan, suntikan dana besar-besaran, termasuk cek senilai $1.400 yang dikirim kepada banyak warga Amerika, penting untuk mencegah pemulihan ekonomi yang tertatih-tatih, sekarang menjadi macet.

Sasaran utama lainnya dari belanja ini adalah mendukung distribusi vaksin COVID-19, tantangan logistik, medis, dan keuangan di mana reputasi masa jabatan Biden yang pertama akan ditentukan sukses atau tidak. Namun, besarnya paket bantuan ini, dan juga cara pembelanjaannya membuat banyak anggota Republik di Kongres bersikap skeptis. [jm/ka]

XS
SM
MD
LG