Tautan-tautan Akses

Polisi-Demonstran Hong Kong Saling Tuding Picu Bentrokan


Seorang polisi mengarahkan senjatanya ke arah demonstran dalam aksi protes yang berakhir rusuh di Hong Kong, hari Minggu (25/8).

Polisi Hong Kong hari Senin (26/8) menyalahkan demonstran atas "tindak kekerasan yang meningkat dan ilegal," sementara sekelompok anggota parlemen yang pro-demokrasi mengatakan itu adalah tindakan polisi yang "sama sekali tidak perlu" setelah bentrokan pada demonstrasi akhir pekan ke-12.

Pernyataan polisi menyebutkan petugas menangkap 36 orang. Ia juga mengatakan seorang perwira jatuh ketika demonstran melempar benda ke arah polisi, mendorong enam petugas mencabut pistol. Seorang petugas melepas tembakan peringatan ke atas.

Menurut anggota parlemen Andrew Wan, polisi memprovokasi pemrotes untuk menduduki jalan yang sudah diblokir petugas, dan tindakan pemerintah dan polisi selama berpekan-pekan protes telah menimbulkan "kebencian di antara rakyat."

Sebagian besar dari ribuan demonstran berbaris dengan damai hari Minggu, tetapi polisi kadang-kadang menembakkan gas air mata ke arah demonstran yang memisahkan diri dari kelompok terbesar. Petugas juga menggunakan meriam air untuk pertama kalinya dalam menanggapi demonstran.

Di Prancis, para pemimpin KTT G7 mendukung otonomi Hong Kong dan menyerukan "dihindarinya kekerasan."(ka/ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG