Tautan-tautan Akses

PM Sri Lanka Yang Tersingkir Raih 'Mosi Percaya' di Parlemen


Perdana Menteri Sri Lanka yang tersingkir, Ranil Wickremesinghe memegang salinan konstitusi Sri Lanka saat menghadiri pengarahan untuk media di kediaman resminya di Kolombo, Sri Lanka, 29 Oktober 2018. (Foto: dok).

Mantan PM Sri Lanka yang penyingkirannya Oktober lalu oleh presiden memicu krisis politik telah meraih mosi percaya di parlemen.

Dalam pemungutan suara di parlemen, Rabu (12/12), Ranil Wickremesinghe meraih 117 suara yang mendukung atau mayoritas sederhana di parlemen yang beranggotakan 225 orang ini.

Hasil pemungutan suara ini diperkirakan akan meningkatkan tekanan terhadap Presiden Maithripala Sirisena untuk menunjuk kembali Wickremesinghe sebagai perdana menteri. Sirisena sebelumnya telah bersumpah tidak akan menunjuk kembali rival politiknya tersebut meski ada kecaman bahwa penolakan seperti itu berarti penentangan terhadap konstitusi.

Setelah Sirisena menyingkirkan Wickremesinghe, ia menunjuk mantan saingannya Mahinda Rajapaksa untuk posisi tersebut. Sirisena mengatakan, ia tidak memiliki kesepahaman budaya dengan Wickremesinghe, yang memiliki pandangan-pandangan liberal.

Sirisena menentang kebijakan-kebijakan ekonomi Wickremesinghe dan usahanya untu menyelidiki tuduhan-tuduhan pelanggaran HAM selama perang saudara Sri Lanka yang berlangsung lama dan berakhir pada 2009. [ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG