Tautan-tautan Akses

PM Sri Lanka Mundur, Buka Jalan Bagi Presiden Baru


Perdana Menteri Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe saat diwawancarai Associated Press di kediaman resminya di Kolombo, Sri Lanka, 2 November 2018. (Foto AP / Eranga Jayawardena, File)

PM Sri Lanka Ranil Wickremesinghe berencana untuk mundur, melicinkan jalan bagi parlemen untuk memilih PM baru yang akan bekerjasama dengan presiden yang baru terpilih, Gotabaya Rajapaksa.

Kantor Wickremesinghe mengatakan melalui sebuah pernyataan, Rabu (20/11), ia akan menyerahkan surat pengunduran dirinya ke presiden pada Kamis.

Seorang legislator yang mendukung Rajapaksa mengatakan perdana menteri baru akan diumumkan setelah presiden menerima pengunduran diri Wickremesinghe.

Langkah Wickremesinghe menghapuskan rintangan pertama yang dihadapi Rajapaksa dalam membentuk kabinet barunya. Berdasarkan konstitusi, Wickremesinghe bisa terus menjabat sebagai PM hingga Maret, ketika presiden secara hukum membubarkan parlemen.

Rajapaksa memenangkan pemilu presiden Sabtu lalu, dan mengalahkan Sajith Premadasa, kandidat dari partai Wickremesinghe. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG