Tautan-tautan Akses

PM Lebanon Pulihkan Hubungan dengan Saudi


PM Lebanon Saad Hariri di Beirut, Lebanon, 23 November 2017. (Foto: dok).

Perdana Menteri Lebanon telah bertemu dengan putra mahkota Arab Saudi yang kuat itu dalam kunjungan pertamanya ke kerajaan tersebut sejak hubungan rusak setelah peletakan jabatan singkat Saad Hariri tahun lalu.

Hariri memuat di media sosial potret selfie bersama putra mahkota Mohammed bin Salman dan duta besar kerajaan itu untuk Amerika Serikat setelah pertemuan mereka di Riyadh, Jumat malam (2/3) pada akhir kunjungan tiga hari.

Ketiganya tampak mengenakan pakaian tidak resmi dan senyum lebar, yang tampaknya menandakan hubungan telah normal setelah rentetan perkembangan yang sangat aneh sehubungan dengan peletakan jabatan Hariri.

Baca juga: Komandan Militan Syiah Irak Dukung Lebanon Lawan Israel

Peletakan jabatan Hariri itu, yang diumumkan ketika ia berada di Riyadh, dipandang luas seperti didalangi oleh para pendukungnya di Arab Saudi yang mengeluh bahwa pemerintah Lebanon dikendalikan oleh organisasi Hizbullah yang berpengaruh dan didukung oleh Iran. Hariri membatalkan peletakan jabatannya sekembalinya di Lebanon setelah usaha penengahan internasional. [gp]

XS
SM
MD
LG