Tautan-tautan Akses

Komandan Militan Syiah Irak Dukung Lebanon Lawan Israel


Qais al-Khazali, pemimpin kelompok militan Asaib Ahl al-Haq berbicara kepada pengikutnya dalam parade di Karbala, Irak (foto: dok).

Seorang komandan militan Irak yang kuat dan didukung Iran telah berkunjung ke perbatasan Lebanon-Israel dan mengutarakan dukungan pada Lebanon dan Palestina melawan negara Yahudi itu.

Qais al-Khazali, pemimpin kelompok militan Asaib Ahl al-Haq, atau Liga Kaum yang Benar, sebuah kelompok yang melancarkan serangan besar terhadap pasukan Amerika sebelum penarikan mereka dari Irak tahun 2011, tampak berseragam militer dalam video ketika meninjau perbatasan dengan Israel bersama anggota kelompok militan Hizbullah Lebanon.

Kunjungan tersebut dikecam oleh Perdana Menteri Saad Hariri yang mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kunjungan itu melanggar hukum Lebanon, serta menambahkan bahwa hal itu terjadi 6 hari yang lalu. Hariri memerintahkan agar al-Khazali dilarang memasuki Lebanon lagi.

Video kunjungan al-Khazali itu ditayangkan oleh stasiun televisi "al-Ahd" milik kelompok Asaib Ahl al-Haq pada hari Kamis (7/12) malam. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG