Tautan-tautan Akses

PM Kanada Minta Maaf atas ‘Kesalahan’ di Tengah Keributan Soal Badan Amal


Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menghadiri konferensi pers di Ottawa, 13 Juli 2020.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Senin (13/7) meminta maaf karena mengambil bagian dalam keputusan kabinet untuk menggunakan badan amal yang selama ini dijalankan bersama keluarganya untuk mengelola program hibah dana mahasiswa senilai $900 juta (hampir Rp 10 triliun).

Trudeau, 48 tahun, sedang menghadapi penyelidikan ketiga untuk konflik kepentingan dalam waktu kurang lebih tiga tahun setelah pemerintahnya memilih WE Charity Canada pada 25 Juni untuk mengelola program itu. Badan amal mengundurkan diri seminggu setelah kontrak diumumkan.

“Saya membuat kesalahan dengan tidak segera mengundurkan diri dari diskusi itu, mengingat sejarah keluarga kami, dan saya benar-benar minta maaf karena tidak melakukan hal itu,” kata Trudeau dalam jumpa konferensi pers.

Ini adalah kedua kalinya dalam waktu kurang dari satu tahun perdana menteri itu meminta maaf kepada publik atas tindakannya dalam jumpa pers yang disiarkan lewat siaran televisi secara nasional. Yang pertama, dia meminta maaf September lalu setelah muncul foto-foto dirinya dengan wajah hitam dari beberapa dekade sebelumnya. [lt/pp]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG