Tautan-tautan Akses

PM Kanada Belum Pastikan soal Lawatan ke Washington


PM Justin Trudeau berbicara kepada media di Ontario, Kanada

Kantor berita Reuters melaporkan, PM Kanada Justin Trudeau mengatakan hari Jumat (3/7) bahwa dia belum memastikan apakah akan melawat ke Washington minggu depan guna merayakan persetujuan perdagangan Amerika Utara yang baru. Trudeau dikutip mengatakan masih prihatin dengan tarif AS atas impor aluminium dari Kanada.

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, yang akan bertemu dengan Presiden Trump minggu depan, mengatakan, dia ingin Trudeau hadir.

Sumber Meksiko sebelumnya mengatakan, lawatan Lopez Obrador direncanakan Rabu dan Kamis, dan kemungkinan pertemuan tiga pihak pada Kamis.

“Kami masih dalam pembahasan dengan pihak Amerika apakah sebuah KTT tiga pihak minggu depan wajar,” demikian kata Trudeau. “Kami prihatin dengan isu tarif yang diusulkan atas aluminium dan baja yang dimunculkan pihak Amerika baru-baru ini.”

Tarif AS atas baja dan aluminium impor, termasuk dari Kanada dan Meksiko, menjadi ganjalan selama perundingan, yang mencapai kesepakatan tahun lalu dan akan diberlakukan pada 1 Juli.

Tetapi kini, Utusan Perdagangan Amerika Robert Lighhizer sedang mempertimbangkan permintaan dari produsen AS untuk memulihkan pungutan 10 persen atas aluminium Kanada untuk mengurangi kenaikan impor.

Keprihatinan dengan “situasi kesehatan dan kenyataan virus corona yang masih mendera ketiga negara kita,” merupakan faktor lain dalam keputusannya apakah dirinya akan pergi ke Washington, kata Trudeau. [jm/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG