Tautan-tautan Akses

Presiden Meksiko Lopez Obrador akan ke AS Pekan Depan


Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. (Foto: dok).

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador akan melawat ke Washington pekan depan untuk bertemu sejawatnya, Presiden AS Donald Trump.

Menteri Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard mengumumkan melalui Twitter hari Selasa bahwa Lopez Obrador akan berada di Washington selama dua hari mulai 8 Juli. Ebrard menyatakan rincian lebih lanjut mengenai lawatan itu akan dirilis pada hari Rabu.

Ini akan menjadi lawatan luar negeri pertama bagi Lopez Obrador sejak ia mulai menjabat pada Desember 2018. Sebelumnya pekan ini ia mengatakan bahwa lawatannya ke AS akan merayakan dimulainya Perjanjian Perdagangan AS-Meksiko-Kanada, yang mulai berlaku hari Rabu (1/7).

Tetapi Lopez Obrador mendapat kecaman intens atas rencana lawatannya itu. Presiden AS Donald Trump banyak tidak disukai warga Meksiko karena ia menjelek-jelekkan imigran Meksiko sebagai pengedar narkoba dan penjahat sewaktu ia mulai meluncurkan kampanyenya sebagai presiden, serta tekadnya untuk membuat Meksiko membayar biaya tembok yang diusulkan dibangun di perbatasan AS-Meksiko. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG