Tautan-tautan Akses

PM Israel Netanyahu dan Utusan AS Bahas Suriah, Iran


PM Israel Benjamin Netanyahu di kantornya di Yerusalem.
PM Israel Benjamin Netanyahu di kantornya di Yerusalem.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu hari Minggu (2/9) bertemu utusan Amerika untuk Suriah, membahas negara yang dilanda perang itu dan Iran.

Pernyataan kantor perdana menteri menyebutkan, Netanyahu membahas "situasi Suriah dan upaya bersama menghentikan teror dan agresi Iran" dengan James Jeffrey, wakil khusus Amerika untuk Suriah.

Menjelang kunjungan itu, Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Jeffrey, didampingi utusan khusus Amerika untuk Suriah Joel Rayburn, akan membahas "menjaga keamanan Israel sementara melawan aktivitas destabilisasi Iran di seluruh kawasan".

Jeffrey dan Rayburn akan melakukan perjalanan ke Yordania dan Turki, di mana mereka akan menegaskan sikap Amerika atas serangan militer di Idlib, kata Departemen Luar Negeri.

Iran mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam perang saudara di negaranya bersama Rusia dan Hizbullah, kelompok syiah Lebanon.

Israel berusaha menghindari keterlibatan langsung dalam konflik itu tetapi mengakui melakukan puluhan serangan udara di Suriah untuk menghentikan apa yang dikatakannya pengiriman senjata canggih kepada musuhnya dari Lebanon, Hizbullah. [ka]

XS
SM
MD
LG