Tautan-tautan Akses

PM Israel Lakukan Pembicaraan Rahasia di Saudi dengan Pompeo dan Putra Mahkota


Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, kiri, dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu usai membuat pernyataan bersama di Yerusalem, Kamis, 19 November 2020. (Foto: AP/Maya Alleruzzo)
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, kiri, dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu usai membuat pernyataan bersama di Yerusalem, Kamis, 19 November 2020. (Foto: AP/Maya Alleruzzo)

PM Israel Benjamin Netanyahu mengadakan pembicaraan rahasia di Arab Saudi pada hari Minggu (22/11) dengan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman, sebut media, dalam lawatan pertama seorang perdana menteri Israel yang diberitakan ke kerajaan itu.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, yang berada di Israel pekan lalu, juga berada pada pembicaraan yang diberitakan tersebut, kata seorang koresponden diplomatik di badan penyiaran publik Israel Kan pada hari Senin (23/11).

Kan mengutip sejumlah pejabat Israel yang tidak disebutkan nama mereka yang mengatakan bahwa Netanyahu dan direktur badan spionase Israel Mossad, Yossi Cohen, “terbang kemarin (hari Minggu, red) ke Arab Saudi, dan bertemu Pompeo dan MBS di kota Neom.” MBS adalah inisial nama putra mahkota, Mohammed bin Salman.

Berbagai media berita Israel lainnya melaporkan informasi serupa pada Senin (23/11) pagi.

Kantor Netanyahu tidak segera memberi komentar mengenai laporan-laporan tersebut.

Pertemuan ini berlangsung setelah Israel menyetujui kesepakatan bersejarah untuk menormalisasi hubungan dengan dua sekutu Saudi di kawasan Teluk, yakni Uni Emirat Arab dan Bahrain.

Perjanjian itu diperantarai oleh pemerintahan presiden AS yang akan segera mengakhiri jabatannya, Donald Trump.

AS dan para pejabat Israel telah berulang kali mengindikasikan bahwa akan ada lagi negara-negara Arab yang siap menjalin hubungan dengan Israel.

Secara terbuka, Arab Saudi telah menyatakan akan mengikuti sikap Liga Arab selama puluhan tahun untuk tidak menjalin hubungan dengan Israel sebelum konflik negara Yahudi itu dengan Palestina diselesaikan. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG