Tautan-tautan Akses

Pompeo, Kushner Akan ke Timteng untuk Dorong Perdamaian Arab-Israel


Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan penasihat senior Gedung Putih, Jared Kushner, dalam KTT NATO di Watford, London, Inggris, 3 Desember 2019. (Foto: Reuters)
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan penasihat senior Gedung Putih, Jared Kushner, dalam KTT NATO di Watford, London, Inggris, 3 Desember 2019. (Foto: Reuters)

Pemerintahan Trump mengirim dua pejabat tinggi ke Timur Tengah pekan ini untuk memanfaatkan momentum dari perjanjian bersejarah antara Israel dan Uni Emirat Arab guna membentuk hubungan diplomatik.

Para diplomat mengatakan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan penasihat senior sekaligus menantu Presiden Trump, Jared Kushner, berencana melakukan kunjungan ke beberapa negara di kawasan itu untuk mendorong pemulihan hubungan Arab-Israel.

Pompeo diperkirakan akan bertolak pada Minggu (23/8) ke Israel, Bahrain, Oman, Uni Emirat Arab, Qatar dan Sudan.

Kushner akan menyusul beberapa hari kemudian ke Israel, Bahrain, Oman, Arab Saudi dan Maroko.

Para diplomat mengatakan kunjungan itu bertujuan memfinalisasi sedikitnya satu perjanjian normalisasi hubungan dengan Israel dalam masa mendatang.

Kata sejumlah diplomat, Pompeo juga berencana bertemu dengan para anggota Taliban di Qatar untuk membahas perundingan perdamaian intra-Afghanistan, yang penting bagi penarikan sisa-sisa pasukan AS di Afghanistan.

Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri tidak mengomentari rencana kunjungan itu. Lawatan itu akan dilakukan sementara pemerintah meningkatkan upaya untuk menormalisasi Arab-Israel meskipun tanda adanya resolusi bagi konflik Israel-Palestina. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG