Tautan-tautan Akses

PM Inggris Umumkan Kabinet Baru


Perdana Menteri Inggris Theresa May disambut oleh staf saat ia kembali ke Downing Street, setelah meminta izin dari Ratu Elizabeth untuk membentuk pemerintahan baru, di London, 9 Juni 2017.

Perdana Menteri Inggris Theresa May telah mengumumkan kabinet baru pemerintahnya, yang dibentuk dengan fokus utama pada isu-isu sosial dan “mendorong keberhasilan Brexit.”

May hari Minggu (11/6) mengatakan kabinet baru itu menunjukkan “bakat (keahlian) dari seluruh Partai Konservatif.’’

Ia menjadikan Damian Green mantan menteri urusan tenaga kerja dan pensiun, menjadi wakilnya, yaitu sebagai menteri sekretaris negara. Menteri Keuangan David Gauke menggantikan posisi Green, sementara pemimpin Majelis Rendah David Lidington menjadi menteri kehakiman. Posisi Lidington digantikan oleh Liz Truss, yang kerap menghadapi kecaman. Truss sendiri menggantikan posisi Gauke sebagai menteri keuangan.

Satu nama yang mengejutkan adalah Michael Gove yang ditunjuk sebagai menteri lingkungan dan pertanian, kurang dari setahun setelah ia dikeluarkan dari kabinet Mei lalu.

Boris Johnson tetap menduduki posisi menteri luar negeri, bersama dengan David Davis yang tetap menjabat sebagai menteri urusan Brexit. [em]

XS
SM
MD
LG