Tautan-tautan Akses

Partai Konservatif Gagal Raih Mayoritas, Inggris Hadapi Ketidakpastian Politik


PM Inggris Theresa May berbicara kepada media didampingi suaminya Philip (kanan), di Downing street di London, Jumat (9/6).
PM Inggris Theresa May berbicara kepada media didampingi suaminya Philip (kanan), di Downing street di London, Jumat (9/6).

Inggris menghadapi ketidakpastian politik Jumat (9/6) setelah partai Buruh, oposisi yang utama, membuat kejutan dan tidak memberi PM Theresa May dan partai Konservatif peluang mencapai mayoritas di House of Commons, majelis rendah parlemen Inggris, sebagian besar akibat meningkatnya pemilih yang muda.

Ini merupakan pemilihan paling mengejutkan dalam sejarah modern Inggris, dan taruhan May untuk memperbesar kekuasaan mayoritas di parlemen gagal total, sehingga menimbulkan keragu-raguan apakah dia akan mampu memimpin pemerintahan minoritas.

Seruan semakin nyaring dari Partai Buruh, pemimpin-pemimpin partai lain dan beberapa anggota Konservatif agar PM May mengundurkan diri.

May mengumumkan di depan rumah tinggal Perdana Menteri di Downing Street, bahwa dia akan mulai membentuk sebuah pemerintah setelah bertemu dengan Ratu.

Theresa May kemungkinan akan dihadapkan pada mosi tidak percaya di parlemen minggu depan. [jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG