Tautan-tautan Akses

PM Baru Pakistan Melawat Perdana ke Arab Saudi


Perdana Menteri Pakistan Imran Khan tiba di Arab Saudi untuk kunjungan perdana sejak dilantik sebagai perdana menteri, Selasa, 18 September 2018.

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, Selasa (18/9), tiba di Arab Saudi, lawatannya pertama ke luar negeri sejak memangku jabatan, kantor berita AFP melaporkan.

Ada spekulasi bahwa ia mungkin akan meminta bantuan ekonomi dari kerajaan kaya minyak itu. Pakistan membutuhkan miliaran dolar bantuan dari negara sekutu untuk mengatasi krisis neraca pembayarannya.

Imran Khan antara lain akan menemui Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammad bin Salman membicarakan isu bilateral, regional dan internasional.

Khan menghadapi banyak tantangan seperti perekonomian yang melemah, ekstremisme, kekurangan air dan pertumbuhan pesat jumlah penduduk. Yang paling mendesak adalah krisis neraca pembayaran, yang oleh analis dikatakan bisa membuat Pakistan kembali meminta talangan baru dari Dana Moneter Internasional.

Media Pakistan berspekulasi bahwa Imran Khan mengincar Arab Saudi dan China untuk memberi pinjaman guna menyelamatkan Pakistan dari krisis ekonomi dan menghindarinya upaya meminta bantuan Dana Moneter Internasional. [al]

XS
SM
MD
LG