Tautan-tautan Akses

Menlu AS Berada di Pakistan untuk Perbaiki Hubungan


Menlu Pakistan Shah Mehmood Qureshi menyambut kedatangan Menlu AS Mike Pompeo (kiri) di Islamabad, Pakistan, 5 September 2018.
Menlu Pakistan Shah Mehmood Qureshi menyambut kedatangan Menlu AS Mike Pompeo (kiri) di Islamabad, Pakistan, 5 September 2018.

Menlu AS Mike Pompeo tiba di Pakistan, Rabu (5/9), untuk melangsungkan pertemuan tingkat tinggi dengan para pemimpin pemerintah yang baru terpilih di Islamabad. Pertemuan itu ditujukan untuk meningkatkan hubungan bilateral yang telah memburuk ke titik terendah.

Berbicara kepada wartawan, Selasa (4/9), di pesawat dalam perjalanan ke Pakistan, Pompeo mengatakan, misinya ke Pakistan adalah menemukan jalan bagi kedua negara untuk melangkah maju bersama dan memecah kebuntuan hubungan yang rumit antara Islamabad dan Washington.

Pompeo didampingi Ketua Gabungan Kepala Staf Angkatan Bersenjata AS Jenderal Joseph Dunford, yang menegaskan bahwa usaha kontraterorisme adalah fokus pembicaraan dengan mitranya dari negara di Asia Selatan itu.

Delegasi AS itu juga akan melangsungkan pembicaraan resmi dengan Menlu Shah Mehmood Qureshi dan timnya.

Pompeo dan Dunford yang akan berada di Islamabad selama beberapa jam – juga dijadwalkan untuk bertemu secara terpisah dengan PM Imran Khan, yang baru memangku jabatan tiga pekan lalu, dan Jenderal Qamar Javed Bajwa, panglima militer Pakistan.

"Kami memerlukan Pakistan untuk secara serius terlibat membantu kami menciptakan rekonsiliasi yang kami butuhkan di Afghanistan," kata Pompeo. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG