Tautan-tautan Akses

PM Australia Akan Lanjutkan Pembicaraan Perdagangan Bebas di Jakarta

  • Associated Press

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull saat memberikan pernyataan gabungan di Kirribilli House di Sydney (26/2). (AP/Rick Rycroft)

Perdana Menteri Australia mengatakan ia tak sabar ingin membahas perjanjian perdagangan bebas dengan Indonesia sambil menghadiri sebuah forum regional di Jakarta.

Malcolm Turnbull pada Selasa (7/3) akan menghadiri konferensi tingkat tinggi pertama para pemimpin Asosiasi Lingkar Samudera Hindia dalam sejarah 20 tahun organisasi beranggotakan 21 negara itu.

Kunjungan satu hari Turnbull ke Jakarta berlangsung sembilan hari setelah Presiden Joko Widodo mengakhiri kunjungan pertamanya ke Australia sebagai presiden.

Kedua pemimpin menggunakan kunjungan ke Sydney itu untuk berkomitmen menuntaskan kesepakatan perdagangan bebas bilateral tahun ini setelah negoasiasi 17 tahun. Presiden Jokowi mengatakan perjanjian itu harus menghapuskan semua halangan Australia terhadap impor minyak kelapa sawit dan kertas Indonesia.

Turnbull hari Senin menyambut konsesi-konsesi perdagangan yang telah dibuat Indonesia, termasuk pengurangan tarif-tarif atas gula Australia dan berkurangnya pembatasan terhadap impor ternak hidup Australia. [hd]

XS
SM
MD
LG