Tautan-tautan Akses

Pilot Angkatan Udara Saudi Mengamuk di Pangkalan AL AS 


Gerbang utama Pangkalan Angkatan Laut Pensacola, di Florida, 16 Maret 2016.
Gerbang utama Pangkalan Angkatan Laut Pensacola, di Florida, 16 Maret 2016.

Penyelidik AS sedang berupaya mencari penyebab mengapa pilot Angkatan Udara Saudi yang sedang mengikuti latihan di Amerika, mengamuk dan menembaki orang-orang di pangkalan Angkatan Laut di Florida.

Penembakan yang terjadi di Stasiun Udara Angkatan Laut Pensacola pada Jumat (6/12) pagi, menewaskan empat orang, termasuk penembaknya. Seorang pejabat penegak hukum lainnya mengatakan, delapan orang lainnya terluka.

Pejabat Angkatan Laut dan penegak hukum AS mengenali penembak sebagai pilot Saudi, satu dari beberapa ratus warga asing yang datang berlatih di Markas Pensacola.

Televisi NBC News yang mengutip pejabat penegak hukum, mengenali penembak sebagai Mohammed Saeed Alshamrani.

Stasiun Udara Angkatan Laut Pensacola, tidak mengizinkan orang masuk membawa senjata. Namun Kepala Polisi Wilayah Escambia, David Morgan mengatakan, penembak itu berhasil membawa pistol ke pangkalan, sebelum menarget individu di salah satu bangunan.

Para pejabat mengatakan, amukan berakhir ketika sherif menyudutkan dan menembak tersangka di ruang kelas.

Terkait dengan penembakan yang dilakukan peserta pelatihan Saudi di AS, Raja Arab Saudi King Salman menelepon Presiden AS pada Jumat (6/12).

Raja mengecam tindakan "keji" atas penembakan fatal di pangkalan angkatan laut Amerika yang diduga dilakukan oleh seorang peserta pelatihan Angkatan Udara Saudi, kata media pemerintah.

"Raja Salman menegaskan, pelaku kejahatan keji itu tidak mewakili rakyat Saudi," kata pejabat resmi Saudi Press Agency, yang melaporkan seruan itu dengan Presiden Donald Trump.​[ps/sy]

XS
SM
MD
LG