Tautan-tautan Akses

Paraguay Pimpin Grup F, Brazil Lolos ke Putaran Kedua


Paraguay menundukkan Slovakia 2-0 di Bloemfontein, sementara Brazil mengandaskan Pantai Gading 3-1 di Johannesburg.

Paraguay menundukkan Slovakia, 2-0 pada kejuaraan sepakbola Piala Dunia di Bloemfontein, Afrika Selatan, dan menempati posisi teratas Grup F dengan empat poin.

Paraguay mendominasi permainan dalam pertandingan hari Minggu, sebelum gelandang Enrique Vera mengambil umpan bola dari Lucas Barrios dan menembakkannya ke pojok kiri gawang Slovakia pada menit ke-27. Gol Cristian Riveros pada menit ke-86 lewat tendangan kaki kirinya sejauh 12 meter memperbesar kemenangan Paraguay.

Slovakia baru pertama kali ini bertanding dalam sebuah turnamen besar sejak bekas negara Cekoslowakia pecah pada tahun 1993. Tetapi negara itu kalah kelas dari Paraguay, yang meraih empat poin dari dua pertandingan pertamanya.

Sementara itu, juara bertahan Italia dalam pertandingan keduanya di Grup F hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Selandia Baru di Nelspruit. Ini menjadikan baik Italia maupun Selandia Baru baru meraih dua poin dari dua pertandingan yang berakhir seri.

Tim Selandia baru yang dianggap underdog membuat kejutan dengan mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke-7 setelah pertandingan dimulai. Pemain Selandia Baru Shane Smeltz menguasai bola mental dari lutut kapten Italia, Fabio Cannavaro lalu menjebloskannya ke dalam gawang Italia.

Italia hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-27, tapi tendangan Ricardo Montolivo mengenai tiang gawang. Dua menit kemudian Italia baru berhasil menyamakan skor ketika Vincenzo Iaquinta menyarangkan bola ke gawang Selandia Baru melalui tendangan penalti, setelah pemain Selandia Baru Tommy Smith mendapat kartu kuning karena menjatuhkan Daniele Rossi di kotak penalti.

Dalam pertandingan terakhir hari Minggu ini, Brazil mengalahkan Pantai Gading 3-1 di Johannesburg, sehingga Brazil memimpin Grup G dengan perolehan enam poin dan memastikan lolos ke babak 16 besar. Dari kesebelasan Brazil, Louis Fabiano mencetak dua goal sedang Elano satu goal, sementara Didier Drogba menebus satu goal bagi Pantai Gading pada menit ke-79.

Gelandang tengah Brazil, Kaka dikeluarkan karena mendapat kartu kuning kedua menjelang akhir pertandingan, sedangkan Elano harus diangkut keluar lapangan karena cedera. Dengan demikian, Kaka tidak boleh tampil pada pertandingan terakhir Brazil melawan Portugal.

Dua kesebelasan grup G lainnya, Portugal dan Korea Utara akan saling berhadapan besok dalam pertandingan di Cape Town.

XS
SM
MD
LG