Tautan-tautan Akses

Inggris, Amerika Harus Menang Jika Ingin Lolos


Tim-tim di Grup C dan D akan memainkan pertandingan terakhir mereka di putaran pembukaan Piala Dunia Rabu ini.

Tim-tim di Grup C dan D akan memainkan pertandingan terakhir mereka di putaran pembukaan Piala Dunia Rabu ini. Inggris akan menghadapi Slovenia, Amerika akan menghadapi Aljazair, Ghana akan menantang Jerman dan Australia bertemu Serbia.

Inggris harus mampu mengalahkan Slovenia saat bertemu di Port Elizabeth, atau mereka menghadapi skenario gagal melaju ke putaran 16 besar untuk pertamakalinya sejak 1958. Slovenia, yang memimpin Grup C dengan 4 poin, yakin bisa meraih kemenangan mengingat penampilan buruk Inggris di Piala Dunia.

Di Pretoria, nasib Amerika berada di tangan sendiri. Jika menang atas Aljazair, Amerika melaju ke putaran kedua. Aljazair sendiri masih berpeluang maju, namun sekalipun menang, negara di Afrika Utara ini akan tersingkir jika Slovenia kalah dari Inggris.

Di Grup D, Ghana telah menjadi tim Afrika pertama yang memenangkan pertandingan Piala Dunia di kawasan sendiri. Jika menang di Johannesburg, tim itu akan memastikan Jerman tersingkir di putaran grup untuk pertamakalinya.

Setelah ditekuk Serbia 1-0 di laga kedua Grup D, Jerman yang berbekal nilai tiga dan duduk di posisi dua klasemen, memang harus mengalahkan Ghana untuk menambah tabungan nilainya agar bisa bersaing dengan Serbia lolos ke babak 16 besar.

Bagi Ghana, hasil seri saja sudah cukup untuk membawa mereka ke tahap sistem gugur. Ghana memiliki empat poin dan memuncaki klasemen grup.

Australia dan Serbia akan bertemu di Nelspruit. Kekalahan akan memastikan mereka tersingkir. Serbia akan melaju ke putaran sistem gugur jika menang, sementara bagi Australia, meski menang, lolosnya tim itu ke 16 besar tergantung hasil pertandingan Ghana-Jerman.

Enam Tim Sudah Lolos

Sementara itu saudara, memasuki hari ke-13, empat pemuncak klasemen di empat grup, dan dua runner up di Grup A dan B, memastikan diri menjadi enam tim pertama yang lolos ke babak dua putaran final Piala Dunia 2010.

Empat pemuncak klasemen yang sudah pasti ke babak 16 besar itu adalah Belanda, Brazil, Uruguay, dan Argentina. Argentina bahkan dengan manis menutup kompetisi grup dengan nilai sempurna 9.

Korea Selatan yang main imbang 2-2 melawan Nigeria di pertandingan terakhir grup dan Meksiko yang dikalahkan 1-0 oleh Uruguay, menjadi dua runner up pertama yang lolos ke 16 besar.

Tim-tim yang sudah pasti tersingkir adalah Kamerun, Korea Utara, Afrika Selatan, Peeancis, Yunani dan Nigeria.

Korsel Ingin Melaju ke Semifinal

Pelatih Korea Selatan Huh Jung-Moo mengatakan bahwa para pemainnya tidak akan berpuas diri dengan keberhasilan mencapai target pertama mereka, maju ke babak kedua Piala Dunia.

Hasil imbang 2-2 dengan Nigeria pada Selasa sudah cukup untuk membawa Korea Selatan, yang sebelumnya menang 2-0 atas Yunani dan kalah 1-4 oleh Argentina, maju ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup B dan akan menghadapi juara Grup A Uruguay di Port Elizabeth pada 26 Juni.

Huh mengatakan kapten Park Ji-Sung dan rekan-rekan setimnya kini akan menargetkan satu tempat di semifinal.

Keberhasilan Korea Selatan ke babak kedua itu merupakan yang kedua kalinya dalam delapan kali penampilan mereka di Piala Dunia. Mereka terakhir kali mencetak prestasi itu di kandang sendiri pada 2002.

XS
SM
MD
LG