Tautan-tautan Akses

Pesawat Nirawak AS Tewaskan 4 Komandan ISIS


Sebuah pesawat nirawak AS yang beroperasi di Afghanistan (foto: dok).

Serangan pesawat nirawak yang diduga dilancarkan AS dilaporkan menewaskan empat komandan ISIS di Afghanistan timur.

Seorang pejabat keamanan propinsi di Nangarhar mengatakan, serangan itu berlangsung Selasa malam dan menarget sebuah pertemuan ISIS di bagian Timur propinsi Kunar, menewaskan 11 militan, termasuk empat komandannya. Pentagon belum mengukuhkan serangan itu.

"Serangan pesawat nirawak itu menarget militan ISIS di wilayah Gambir,” kata kepala polisi propinsi, Juma Gul Hemmat, kepada VOA. “Empat komandan ISIS bersama tujuh anggotanya tewas dalam serangan itu.”

Komandan yang tewas termasuk Mohammad Rahman, yang mengawasi urusan keuangan kelompok itu, dan Noora, yang hanya diketahui nama depannya, yang memiliki tanggung jawab merekrut anggota baru di propinsi itu. Seorang saudara laki-laki Rahman juga tewas dalam serangan itu.

Menurut sebuah laporan tahunan Penatagon yang disampaikan ke Kongres AS, ISIS di Afghanistan berhasil merekrut banyak militan Taliban Pakistan, bekas militan Taliban Afghanistan dan militan-militan lain yang meyakini dengan menyatakan kesetiaan pada ISIS, kepentingan mereka akan terpenuhi. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG