Tautan-tautan Akses

Pesawat Militer Rusia Hilang Dekat Suriah


Pesawat Ilyushin-20 aircraft milik Rusia. (Foto: Dok)

Kementerian Pertahanan Russia mengatakan pihaknya telah kehilangan kontak dengan pesawat IL-20 bersama 14 awak dekat pangkalan udara Hmeimim Suriah, Reuters melaporkan mengutip televisi pemerintah Suriah IKHBARIYA, Senin (17/9) petang.

Seorang pejabat AS mengatakan Washington meyakini pesawat tersebut, yang digunakan sebagai pengintai lokasi, secara tidak sengaja ditembak jatuh oleh artileri anti-pesawat tempur yang dioperasikan oleh sekutu Rusia sendiri, yaitu pemerintah Turki.

Pada saat yang sama ketika pesawat menghilang, Kota Lataki, kota di pesisir Suriah yang terletak dekat dengan pangkalan udara Rusia, sedang diserang oleh “misil musuh”, dan deretan misil pertahanan merespon penyerangan,” media pemerintah Suriah melaporkan. Pangkalan udara Rusia dekat Lataki sedianya menjadi tempat pangkalan pesawat Il-20 yang menghilang itu.

Kementerian Pertahanan Rusia di Moskow mengatakan pesawat tersebut sedang menghilang dari radar ketika dalam penerbangan kembali ke pangkalan udara Hmeymim di Provinsi Lataki sekitar pukul 11 malam waktu setempat pada Senin.

Sebelumnya pada hari sama media resmi Suriah memberitakan hari itu ada misil yang ditembakkan dari laut di beberapa lokasi di kota pesisir Latakia, namun dicegat oleh pertahanan udara. Keterangan yang lebih rinci belum diperoleh. [al]

XS
SM
MD
LG