Tautan-tautan Akses

Erdogan, Putin, akan Bertemu, Sementara Turki Cari Solusi untuk Idlib


President Turki Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin saat bertemu di Ankara, Turki, 4 April 2018. (Foto: dok).
President Turki Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin saat bertemu di Ankara, Turki, 4 April 2018. (Foto: dok).

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan negaranya masih mengupayakan solusi damai bagi provinsi Idlib di Suriah yang dikuasai pemberontak. Ia menambahkan bahwa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin hari Senin.

Media Turki menyebutkan kedua pemimpin akan bertemu di kota Sochi, Rusia.

Berbicara dalam lawatan ke Pakistan hari Jumat (14/9), Cavusoglu mengatakan Turki akan melanjutkan upaya-upayanya dengan Iran dan dengan Rusia, serta melanjutkan upaya-upaya lainnya di tingkat internasional. Pernyataannya itu disiarkan langsung di televisi Turki.

Pada pertemuan di Teheran pekan lalu, pemimpin Rusia dan Iran mendukung operasi militer di Idlib, meskipun ada imbauan dari Erdogan agar diadakan gencatan senjata.

Turki khawatir akan terjadi krisis kemanusiaan di Idlib, yang terletak di dekat perbatasan Turki dan berpenduduk lebih dari 3 juta orang. [uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG