Tautan-tautan Akses

PBB: Pengungsian Akibat Perang di Suriah Capai Tingkat Terburuk


Anak-anak pengungsi Suriah bermain di dekat kamp pengungsi sementara yang dibangun di antara permukiman penduduk dan bangunan-bangunan lainnya di Arsal, perbatasan Suriah-Lebanon timur, 13 JUni 2018. (Foto: dok).

Komisi Penyelidik PBB mengatakan tingkat pengungsian akibat perang di Suriah mencapai tingkat terburuk tahun ini.

Dalam laporan yang dirilis badan itu, Rabu (12/9), lebih dari satu juta orang kehilangan tempat tinggal dan terpaksa mengungsi tahun ini akibat konflik yang telah berlangsung tujuh tahun.

PBB juga memperingatkan kemungkinan serangan terhadap provinsi Idlib, Suriah Baratlaut, akan mengakibatkan krisis kemanusiaan yang luar biasa parah.

Pernyataan PBB ini muncul menyusul laporan terjadinya penguatan pasukan pemerintah di pinggiran Idlib, sebagai persiapan serangan terhadap kubu pertahanan terakhir kelompok pemberontak.

Pasukan Suriah yang didukung Rusia dan Iran merebut banyak wilayah dari para pemberontak di berbagai wilayah negara itu sebelumnya tahun ini. Wilayah-wilayah itu termasuk bagian Selatan yang berbatasan dengan Yordania, Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, dan kawasan pinggiran timur Damaskus yang dikenal sebagai Ghouta timur. Kini mereka mengincar untuk merebut Idlib. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG