Tautan-tautan Akses

Pesawat Antariksa Jepang Tiba Dekat Asteroid


Gambar komputer grafis yang dirilis Badan Antariksa Jepang (JAXA) memperlihatkan pesawat penelitian asteroid, Hayabusa 2.
Gambar komputer grafis yang dirilis Badan Antariksa Jepang (JAXA) memperlihatkan pesawat penelitian asteroid, Hayabusa 2.

Sebuah pesawat penjelajah antariksa Jepang telah tiba di sebuah asteroid setelah terbang sejauh 300 juta kilometer yang ditempuh selama tiga setengah tahun melalui angkasa luar untuk mengumpul informasi mengenai asal-usul tata surya.

Badan Penjelajahan Antariksa Jepang mengatakan pesawat Hayabusa 2 telah memasuki lokasi operasi yang berjarak 20 kilometer di atas asteroid Ryugu pada Rabu (27/6/2018). Pesawat itu akan mengambil foto-foto Ryugu dalam 18 bulan mendatang. Nama Ryugu diambil dari nama istana bawah laut dalam hikayat kuno rakyat Jepang, dan menempatkan pendarat buatan Perancis-Jerman untuk meneliti permukaan asteroid tersebut.

Hayabusa 2 itu sendiri kelak akan mendarat di Ryugu dalam misi itu. Pesawat itu akan mengerahkan alat yang akan menembakkan peluru dua kilogram tembaga ke permukaan yang akan menciptakan kawah kecil. Pesawat penelitian itu akan mendarat dekat permukaan tersebut dan mengumpul bahan galian tanah yang dikeluarkan ledakan dari kawah itu.

Hayabusa2 akan kembali ke bumi menjelang akhir 2020. [gp]

XS
SM
MD
LG