Tautan-tautan Akses

AS

Perusahaan Jerman Beli Perusahaan AS, Varian sebesar $16,4 Miliar


CT scanner buatan Siemens Healthineers dipasarkan di China (foto: dok).

Perusahaan besar perangkat kesehatan Jerman, Siemens Healthineers, mengatakan hari Minggu, perusahaannya setuju membeli perusahaan Amerika khusus pengobatan kanker, Varian sebesar $16.4 milyar.

"Dewan direktur Varian dengan suara bulat menyetujui pembelian itu dan menganjurkan kepada para pemegang saham Varian untuk juga menyetujuinya", kata pihak Siemens Healthineers dalam sebuah pernyataan.

Kesepakatan itu diharapkan akan diselesaikan pada awal Juni 2021, tergantung pada persetujuan dari para pemegang saham Varian, persetujuan peraturan-peraturan dan persyaratan lainnya.

Pemegang saham Varian akan menerima 177,50 dolar per saham, kata pernyataan itu.

Kelompok teknologi medis yang berpusat di Erlangen, Jerman yang terdaftar pada indeks menengah MDax Jerman itu, berencana untuk membiayai pembelian itu melalui kombinasi pinjaman dan menjual saham yang dikumpulkan melalui penerbitan saham-saham baru.

Siemens Healthineers go public pada tahun 2018 dan sejak itu mandiri secara hukum dari grup Siemens. Namun, Siemens tetap menjadi pemegang saham mayoritas di Healthineers.

Jika kesepakatan Varian diselesaikan, kepemilikan grup Siemens di Healthineers akan turun menjadi 72 persen dari 85 persen. Grup peralatan medis itu mempekerjakan sekitar 50.000 orang di lebih dari 70 negara. [ps/lt]

XS
SM
MD
LG