Tautan-tautan Akses

Trump Diberi Perpanjangan Waktu untuk Serahkan Formulir Keterbukaan Keuangan


Presiden AS Donald Trump didampingi Jaksa Agung Texas Ken Paxton (kiri) di Dallas, Texas, 11 Juni 2020. (Foto: Nicholas Kamm / AFP)
Presiden AS Donald Trump didampingi Jaksa Agung Texas Ken Paxton (kiri) di Dallas, Texas, 11 Juni 2020. (Foto: Nicholas Kamm / AFP)

Seorang pengacara Gedung Putih telah memberi Presiden Donald Trump perpanjangan kedua selama 45 hari untuk mengajukan formulir keterbukaan keuangan pribadinya.

Menurut surat Gedung Putih, Wakil Penasihat Gedung Putih Scott Gast memberi Trump hingga 13 Agustus untuk mengungkap rincian penghasilan, utang, saham, dan pinjamannya untuk 2019.

Surat itu, yang bertanggal 29 Juni, pada Senin (13/7) diungkapkan oleh media, termasuk Washington Post.

Pengacara telah memberi Trump perpanjangan 45 hari, dan hukum federal hanya mengizinkan dua kali perpanjangan.

Formulir yang semula jatuh tempo 15 Mei itu memberikan kesempatan langka kepada rakyat Amerika untuk mengetahui keuangan pribadi presiden.

Gast tidak secara khusus menyatakan mengapa perpanjangan itu diberikan, tetapi hanya menulis bahwa itu diberikan untuk “tujuan baik.”

Seorang juru bicara Gedung Putih mengatakan pekan lalu bahwa Trump “memiliki laporan yang rumit, dan dia selama ini lebih fokus pada penanganan virus corona dan berbagai hal lainnya.” [lt/pp]

XS
SM
MD
LG